Railbus alias bus yang berjalan diatas kereta api ini
pertama kali diluncurkan pada tanggal 27 Juli 2011 oleh Menteri Perhubungan
Freddy Numberi. Pemerintah kota Solo member nama moda transportasi missal
futuristic ini dengan nama Bathara Kresna. Harapannya, Bathara Kresnadalam
dunia pewayangan yang selalu berbuat untuk kebahagiaan banyak orang.
Railbus Bathara Kresna merupakan karya anak bangsa.
Diproduksi PT INKA Madiun dengan biaya sebesar Rp 17 miliar. Ada dua rangkaian
gerbong yang diangkut mesin bertenaga besar 560 kw. Masing-masing gerbong dapat
menampung 60 penumpang. Mesin penggerak gerbong sengaja dipasang di rangkah
bawah. Penumpang mendapatkan jaminan kenyamanan karena desain interior disetiap
gerbong didesain layaknya bus kelas aksekutif, setiap baris kursinya dua dan
dilengkapi AC serat rak bagasi.
Bathara Kresna baru resmi beroperasi untuk memenuhi
kebutuhan transportasi missal yang manusiawi dan efisien pada 5 Agustus 2012
atau sekitar satu Tahun sejak diluncurkan. Moda transportasi ini memakai jalur
rel kereta api yang telah lama menjadi bagian unik kota Solo karena membentang
ditengah kota. Rel kereta api ditengah kota ini adalah satu-satunya rel kereta
api di Indonesia yang masih berfungsi dan bisa berdampingan dengan jalan raya.
Oleh karena itu, selain mendapatkan sarana transport yang manusiawi , menumpang
Railbus Bathara Kresna juga seperti kembali pada kenangan moda transportasi
trem masa Pakubuwana X. Untuk sementara, rute yang dilayani Railbus ini adalah
Stasiun Purwosari hingga ke stasiun Sukoharjo. Rencananya, jika rel kereta yang
menghubungkan dengan wilayah Wonogiri selesai diperbaiki, perjalanan railbus
juga melayani permintaan bagi yang menghendaki untuk carteran.
RUTE
SOLO-SUKOHARJO-WONOGIRI
SOLO-SUKOHARJO-WONOGIRI
Kontak person:
Indri(085642005156)
Sandi(085229790462)
Diposkan (Hamzah)
No comments:
Post a Comment