SHARE

Monday, February 11, 2013

Kunci keberhasilan toko Online

Dalam hal ini saya akan sedikit menjelaskan, "apa Pasih sebenarnya kunci sukses dari Online Store!!"
Yang saya maksudkan disini memang faktor-faktor lain juga diperlukan tetapi jika ingin benar sukses kuncinya adalah Trust,Trust,Trust.
Memang penting untuk membuat webstore yang khas indonesia, yang sesuai dengan user behavior pengguna internet Indonesia. Memang perlu melengkapi online store dengan sistem pembayaran online yang mendukung transaksi. Tak dipungkiri bahwa toko yang dibuka online selama 24 jam sehari juga harus dilengkapi dengan berbagai tools komunikasi online untuk melayani pelanggan online.
Namun, jika anda menilik dengan beberapa toko online yang sepi pembeli dan kemudian berdiskusi dengan beberapa toko online yang berhasil memanen ratusan juta rupiah perbulan, ada hala yang fundamental yang harus dimiliki oleh pemilik toko online. Tak lain adalah kepercayaan.
Sebagaian besar pengguna  internet indonesia masih belum memiliki budaya membeli online. Yang sudah pernah melakukan transaksi online pun masih berhati-hati dalam berbelanja.Selalu saja ada pertanyaan konsumen sebelum membeli barang di duniamaya.Misalanya:
  1. Benarkah barang yang dipasang di toko online memang benar ada tersedia?
  2. Bagaimana kualitas barang tersebut apakah sama dengan yang ditulis?atau di potret?
  3. Apakah barang benar dikirim jika sudah dibayar?
  4. Bagaimana jika barang tersebut cacat atau tidak sesuai pesanan?
  5. serta banyak lagi pertanyaan yang mungkin bisa memutus kontank antara pembeli dan penjual.
Pemilik toko online biasanya tidak sabar.Mereka mengira jika muncul didunia maya, order akan berdatangan dengan sendirinya seandainya mereka melakukan pemasaran online secara benar.Faktanya tidak.
Kebanyakan toko online yang berhasil, justru tidak banyak melakukan upaya pemasaran secara masif. Sebaliknya mereka tekun membangun basis pelanggan.Ada satu pembeli pun mereka layani dengan baik (barang diantar tepat waktu, jika cacat diganti, bahkan jika tidak suka boleh minta ganti).Satu pembeli yang puas akan bercerita ke rekannya untuk membeli di toko online tersebut.Hal ini yang teruus berputar dan saling bercerita sehingga menjadi imege positif di masyarakat untuk berbelanja di toko online tersebut.
Tidak mengherankan jika penjualan terbesar toko online yang berhasil adalah berasal dari REPEAT ORDER(pembelian ulang dari pelanggan yang sama).Bukan pembeli dari konsumen baru.Itulah alasan mengapa kunci sukses adalah trust,trust,trust di indonesia.

berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site Info